Penerapan Metode Pembelajaran SQ3R Berbantuan Internet Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Sistem Periodik Unsur Di SMA Labschool Palu
Abstract
Keywords
References
Davari, N., Assadi, N., & Davatghari, H. (2014). The effect of assisted repeated reading (ARR) vs. SQ3R on Iranian intermediate EFL learners’ narrative writing. International Journal For Teachers of English, 4(1), 17-35.
Ellizar. (2009). Model of teaching by constructivism approach with module. Jurnal Kependidikan Triadik, 12(1).
Erlina. (2011). Deskripsi kemampuan berpikir formal mahasiswa pendidikan kimia Universitas Tanjungpura. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 6(3), 631-640.
Firmansyah, D. T., Zaenuri, & Mulyono. (2012). Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2), 7-14.
Hendriayana, A., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2013). Pengembangan software pembelajaran mandiri (spm) materi sistem periodik unsur dan struktur atom. Journal of Innovative Science Education, 2(1).
Huang, Y. M., Huang, T. C., & Hsien, M. Y. (2008). Using annotation services in a ubiquitous jigsaw cooperative learning environment. Educational Technology & Society, 11(2), 3-15.
Jusniar, Masri, M., & Pratiwi, E. (2012). Meningkatkan partisipasi siswa melalui penerapan pembelajaran SQ3R di kelas X1 SMAN 1 Bajeng Kab. Gowa pada materi pokok struktur atom, sistem periodik unsur, dan ikatan kimia. Jurnal Chemica, 13(1), 42-49.
Li, L. Y., Chen, G. D., Fan, C. Y., & Huang, D. W. (2006). The effects of the e-book system with the reading guidance and the annotation map on the reading performance of college students. Educational Technology & Society, 17(1), 320-331.
Masykur, Khanafiyah, S., & Handayani, L. (2006). Penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa fisika pokok bahasan tata surya pada siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2), 73-78.
Miswadi, S. S., Wijayati, N., & Farikhati, L. I. (2010). Pengaruh penggunaan metode preview, question, read, summarize, and test melalui pendekatan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar kimia siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 557-565.
Pujana, I. W. A., Arini, N., & Sudatha, I. W. (2014). Pengaruh pembelajaran SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas IV. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).
Putri, C. A. I., Putra, K. N. D., & Zulaikha, S. (2014). Pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar bahasa indonesia kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).
Ratnasari, Y. (2010). Penerapan strategi SQ3R dan peta konsep dalam pembelajaran Fisika ditinjau dari kreativitas siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 105-117.
Selamat, I. (2006). Implementasi metode pembelajaran SQ3R berbantuan LKM secara kooperatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, 2(1), 8-22.
Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2010). Teknologi komunikasi dan informasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wijaya, M. (2012). Pengembangan model pembelajaran e-Learning berbasis web dengan prinsip e-Pedagogy dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Penabur, 19(11), 20-37.
Wormeli, R. (2011). Meringkas mata pelajaran. Jakarta: Erlangga.
Yuhetty. (2004). Mozaik teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185
CODEN: JAKUA7
Jurnal Akademika Kimia
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak
Indexed By