PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BUZZ GROUP DENGAN TIPE STAD DALAM POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA PADA SISWA KELAS X SMAN 4 PASANGKAYU

Etty Etty, Suherman Suherman, Supriadi Supriadi

Abstract


This research aimed to determine the differences in student outcomes that given cooperative model of Buzz group type with STAD type in students ofclass X SMA Negeri 4 Pasangkayu. Sample used consists of two classes, namely class XB as Buzz class group and class XA as STAD classes were determined by purposive sampling. Data collection was conducted using a test instrument, be in the form of student achievement test chemistry in the form (multiple choice) as many as 30 items. Testing research data using statistical analysis t test (right side) with the prerequisite test, test for normality, and homogeneity. In this research obtained the median of student learning outcomes using learning Buzz groupmodel was 19.56 while median of student learning outcomes with STAD cooperative model is 16.46. Based on statistical hypothesis testing with t test statistic (right) obtained values of thitung > ttabel was 1.771 > 1.67 with the degree of freedom = 0.05 and df = 59. The results showed that there was a difference in student learning outcomes using cooperative learning group Buzz type with student learning outcomes using STAD type cooperative.

Keywords


Models of Learning, Cooperative Group Buzz type, STAD type, Learning Outcomes

References


Alijanian, E. (2012). The effect of student teams achievement division technique on english achievement of iranian efl learners. The Journal of International Social Research, 2(9),1971–1975.

Ariani. (2008). Penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe stad dilengkapi modul dan penilaian portofolio untuk meningkatkan prestasi belajar penentuan DH reaksi siswa SMA kelas XI semester I. Skripsi tidak diterbitkan. Program Strata 1 Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Febrina, N. A., & Isroah. (2012). Peningkatan aktifitas belajar akutansi melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) pada siswa kelas X ak 3 program keahlian akuntansi SMK batik perbaik purworejo tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 114–131.

Kwartolo, Y. (2007). Mengimplementasikan KTSP dengan pembelajaran partisipatif dan tematik menuju suka cita dalam belajar (joy in learning). Jurnal Pendidikan Penabur, 6(9), 66-80.

Monila, P., Rini, A., & Sugeng S. (2012). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(4).

Nugroho, U., Hartono., & Edi, S. S. (2009). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi keterampilan proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 108-112. h

Nuraisah. (2008). Peningkatan kualitas pembelajaran kimia kelas XI di MAN 2 Model Palu melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Derap Pendidikan LPMP Sulawesih Tengah, 2(2), 69-82.

Novianti, A. (2009). Peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe buzz group. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 89-93.

Nurina., Ashadi., & Agung, N. (2013). Studi komparasi tipe STAD dan TGT pada materi koloid ditinjau dari kemampuan memori siswa kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar tahun 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1), 7-14.

Nurhadi. H., & Joko. (2013). Studi komparasi hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe buzz group dan model pembelajaran langsung. Jurnal Penelitian Pendidikan Elektro, 1(1). 81-88.

Pakaya, A. B. (2007). Implementasi pendekatan keterampilan proses dalam kegiatan laboratorium untuk meningkatkan hasil belajar kimia pada pokok bahasan koloid siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Palu. Skripsi tidak diterbitkan. Palu Program Strata I Universitas Tadulako.

Permana, S. (2004). Peningkatan pemahaman siswa kelas i SMA negeri 1 marabahan pada konsep lingkungan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD). Skripsi tidak dipublikasikan. Banjarmasin: STKIP PGRI.

Primartadi, A. (2012). Pengaruh metode student teams achievement division (STAD) dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar ditinjau dari potensi akademik siswa SMK otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 143-153.

Pudjowati, N. (2009). Implementasi model STAD sebagai upaya peningkatan apresiasi ham pada peserta didik kelas VII SMP. Jurnal Lemlit, 3(2), 83-94.

Rahmanika, T., Hayani, N. I., & Kapsul. (2011). Peningkatan pemahaman konsep ekosistem melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VII C SMP Negeri 19 Banjarmasin tahun pelajaran 2008/2009. Jurnal Wahana-Bio, 5, 69-89.

Sigit, D., & Fajaroh, F. (2006). Implikasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe buzz group dan TGT (teams games tournament) terahadap kualitas proses dan hasil belajar kimia siswa SMA Negeri Dampit Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 13(1), 1-7.

Slavin, R. E. (1994). Educational psychology research and practice. (Ed. 5th) Massachusetts: Allyn and Bacon Publisher.

Sudjana, N. (2004). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supartono, N. W., & Anita, H. S. (2009). Kajian prestasi belajar siswa SMA dengan metode student teams achievement division melalui pendekatan chemo-entrepreneurship. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1), 337-334.

Van, Wyk. M. M. (2010). Do student teams achievement divisions enhance economic literacy? an quasi-experimental design. Journal of International Social Research, 23(2), 83–89.

Wahyu, P., & Mislan. (2002). Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan pembelajaran diskusi tipe buzz group pada standar kompetensi memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana di SMKN 1 Beji. Jurnal Penelitian Pendidikan Elektro, 1-13.

Zarkasyi, I. (2010). Meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak melalui cooperative learning tipe student teams achievement division pada siswa-siswi kelas V/b SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo tahun pelajaran 2009/2010. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam, 1(1), 11-24.

Zulhartati, S. (2011). Pembelajaran kooperatif model STAD pada mata pelajaran IPS. (Skripsi tidak diterbitkan). FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185

CODEN: JAKUA7


Creative Commons License

Jurnal Akademika Kimia
by Universitas Tadulako is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak

Indexed By

Crossref WorldCat PKP Index OneSearch BASE Scholar GARUDA Sinta Neliti Mendeley