PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BUZZ GROUP DENGAN TIPE STAD DALAM POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA PADA SISWA KELAS X SMAN 4 PASANGKAYU
Abstract
Keywords
References
Alijanian, E. (2012). The effect of student teams achievement division technique on english achievement of iranian efl learners. The Journal of International Social Research, 2(9),1971–1975.
Ariani. (2008). Penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe stad dilengkapi modul dan penilaian portofolio untuk meningkatkan prestasi belajar penentuan DH reaksi siswa SMA kelas XI semester I. Skripsi tidak diterbitkan. Program Strata 1 Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Febrina, N. A., & Isroah. (2012). Peningkatan aktifitas belajar akutansi melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) pada siswa kelas X ak 3 program keahlian akuntansi SMK batik perbaik purworejo tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 114–131.
Kwartolo, Y. (2007). Mengimplementasikan KTSP dengan pembelajaran partisipatif dan tematik menuju suka cita dalam belajar (joy in learning). Jurnal Pendidikan Penabur, 6(9), 66-80.
Monila, P., Rini, A., & Sugeng S. (2012). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(4).
Nugroho, U., Hartono., & Edi, S. S. (2009). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi keterampilan proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 108-112. h
Nuraisah. (2008). Peningkatan kualitas pembelajaran kimia kelas XI di MAN 2 Model Palu melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Derap Pendidikan LPMP Sulawesih Tengah, 2(2), 69-82.
Novianti, A. (2009). Peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe buzz group. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 89-93.
Nurina., Ashadi., & Agung, N. (2013). Studi komparasi tipe STAD dan TGT pada materi koloid ditinjau dari kemampuan memori siswa kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar tahun 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1), 7-14.
Nurhadi. H., & Joko. (2013). Studi komparasi hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe buzz group dan model pembelajaran langsung. Jurnal Penelitian Pendidikan Elektro, 1(1). 81-88.
Pakaya, A. B. (2007). Implementasi pendekatan keterampilan proses dalam kegiatan laboratorium untuk meningkatkan hasil belajar kimia pada pokok bahasan koloid siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Palu. Skripsi tidak diterbitkan. Palu Program Strata I Universitas Tadulako.
Permana, S. (2004). Peningkatan pemahaman siswa kelas i SMA negeri 1 marabahan pada konsep lingkungan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD). Skripsi tidak dipublikasikan. Banjarmasin: STKIP PGRI.
Primartadi, A. (2012). Pengaruh metode student teams achievement division (STAD) dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar ditinjau dari potensi akademik siswa SMK otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 143-153.
Pudjowati, N. (2009). Implementasi model STAD sebagai upaya peningkatan apresiasi ham pada peserta didik kelas VII SMP. Jurnal Lemlit, 3(2), 83-94.
Rahmanika, T., Hayani, N. I., & Kapsul. (2011). Peningkatan pemahaman konsep ekosistem melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VII C SMP Negeri 19 Banjarmasin tahun pelajaran 2008/2009. Jurnal Wahana-Bio, 5, 69-89.
Sigit, D., & Fajaroh, F. (2006). Implikasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe buzz group dan TGT (teams games tournament) terahadap kualitas proses dan hasil belajar kimia siswa SMA Negeri Dampit Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 13(1), 1-7.
Slavin, R. E. (1994). Educational psychology research and practice. (Ed. 5th) Massachusetts: Allyn and Bacon Publisher.
Sudjana, N. (2004). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Supartono, N. W., & Anita, H. S. (2009). Kajian prestasi belajar siswa SMA dengan metode student teams achievement division melalui pendekatan chemo-entrepreneurship. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1), 337-334.
Van, Wyk. M. M. (2010). Do student teams achievement divisions enhance economic literacy? an quasi-experimental design. Journal of International Social Research, 23(2), 83–89.
Wahyu, P., & Mislan. (2002). Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan pembelajaran diskusi tipe buzz group pada standar kompetensi memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana di SMKN 1 Beji. Jurnal Penelitian Pendidikan Elektro, 1-13.
Zarkasyi, I. (2010). Meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak melalui cooperative learning tipe student teams achievement division pada siswa-siswi kelas V/b SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo tahun pelajaran 2009/2010. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam, 1(1), 11-24.
Zulhartati, S. (2011). Pembelajaran kooperatif model STAD pada mata pelajaran IPS. (Skripsi tidak diterbitkan). FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 2302-6030; e-ISSN: 2477-5185
CODEN: JAKUA7
Jurnal Akademika Kimia
Based on a work at http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jak
Indexed By