Inquiring Minds Want To Know Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SDN Inpres 3 Tondo

Danti Angraeni, Rizal Rizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui penggunaan strategi Inquiring Minds Want to Know di Kelas V SDN Inpres 3 Tondo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 fase yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Inpres 3 Tondo dengan jumlah 24 orang siswa, yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 8 orang perempuan. Sumber data yaitu tes awal dan tes akhir tindakan pembelajaran, yang mencakup observasi aktivitas guru dan siswa. hasil tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,67% dengan nilai rata-rata 69,83% hasil tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 95,83% dengan nilai rata-rata 85%. Hasil observasi aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 84,09% dan meningkatkan pada siklus II dengan prensetase 66,67% dan pada siklus II meningkat dengan prsentase 80,56%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Inquiring minds want to know dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN Inpres 3 Tondo

Keywords


Strategi, Inquiring, action research, learning outcomes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.