Pengaruh Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan Bantuan Komputer terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Parigi
Abstract
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan komputer terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA N 1 Parigi. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan the non equivalen preetest-postest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Parigi. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas X IPAa sebagai kelas kontrol dan kelas X IPAb sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi oleh validator dan telah diuji coba lapangan. Peningkatan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen adalah 12,81% sedangkan pada kelas kontrol adalah 11,65%. Nilai signifikansi hasil uji hipotesis diperoleh thitung ≥ ttabel atau 4,80 ≥ 2,01 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan komputer terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Parigi.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Bantuan Komputer, Hasil Belajar Fisika
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats