Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Mekanika di SMA Negeri 5 Palu

Risnawati Risnawati, Marungkil Pasaribu, Syamsu Syamsu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar tingkat keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep mekanika pada materi gerak. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Palu yang terdiri dari 40 siswa. Data diperoleh melalui lembar jawaban tes keterampilan berpikir kritis siswa dan wawancara. Pemberian tes keterampilan berpikir kritis terdiri atas 10 soal essay untuk menentukan enam responden dengan skor tertinggi, sedang dan rendah yang bertujuan dapat memperoleh data untuk mencakupi keragaman kemampuan yang dimiliki siswa serta dapat menentukan siswa dalam menentukan saat proses wawancara berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep mekanika yang dibatasi pada materi gerak berada pada kategori sedang. 3 subjek dikategorikan sangat kritis, 24 subjek kritis dan 13 subjek kurang kritis. Hal ini diperoleh dari 10 sub-indikator keterampilan berpikir kritis yaitu memfokuskan pertanyaan dengan skor 58.5, menganalisi argumen dengan skor 65, bertanya dan menjawab pertanyaan dengan skor 82.5, mempertimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak dengan skor 64.5, mengobservasi dan mempertimbangkan hasil observasi dengan skor 23.5, mendeduksi dan mempertimbangkan hasil deduksi dengan skor 19, menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi dengan skor 66, membuat dan menentukan hasil pertimbangan dengan skor 55, mendefenisikan istilah dan mempertimbangkan suatu defenisi dengan skor 83.5 dan mengidentifikasi asumsi-asumsi dengan skor 73.5.

 

Kata Kunci : keterampilan berpikir kritis, konsep mekanika


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats