Kemampuan Pemecahan Masalah Dinamika Partikel pada Mahasiswa Calon Guru Fisika Berdasarkan Taxonomy Of Introductory Physics Problems (TIPP)

Taskirah Tunnisa, Syamsu Syamsu, I Komang Werdhiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis serta mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dinamika partikel pada mahasiswa calon guru fisika berdasarkan Taxonomy of Introductory Physics Problems (TIPP). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Subyek penelitian adalah mahasiswa angkatan 2014 yang terdiri dari 26 orang. Responden penelitian ditentukan berdasarkan hasil tes seleksi responden. Data diperoleh melalui lembar jawaban mahasiswa, rekaman Thinking-Aloud (TA) dan wawancara. Tes Seleksi Responden (TSR) terdiri atas 20 butir soal Pilihan Ganda yang digunakan untuk menentukan responden sebanyak 6 orang. Tes pemecahan masalah terdiri atas 5 butir soal esai yang dikerjakan oleh masing-masing responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru fisika berada dalam kategori kurang, dengan nilai rata-rata sebesar 50,00. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah kebanyakan mahasiswa hanya mengetahui persamaan dan bunyi hukum Newton tanpa memahami konsep dari Hukum Newton itu sendiri. Selain itu, minat mahasiswa dalam mengerjakan masalah-masalah yang berkaitan dengan aplikasi dari Hukum-Hukum Newton juga sangat rendah yang menyebabkan tingkat analisis soal yang kurang dan berrpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru fisika.

 

Kata Kunci : Analisis, kemampuan pemecahan masalah fisika, taxonomy of introductory physics problems


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats