PENGARUH INTERACTIVE DEMONSTRATION TERHADAP PERUBAHAN KONSEP SISWA TENTANG TEKANAN ZAT CAIR PADA KELAS VIII SMP NEGERI 14 PALU

Fitriani K, Jusman Mansyur, Muhammad Ali

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh interactive demonstration terhadap perubahan konsep siswa tentang tekanan zat cair pada Kelas VIII SMP Negeri 14 Palu. Desain penelitian “The Non Equivalen Pretest-Posttest Design”. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Palu yang terdaftar tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan  sampel adalah purposive sampling, sampel penelitian adalah kelas VIII B1 (n=18 sebagai kelas eksperimen) dan Kelas VIII A1 (n=18 sebagai kelas kontrol). Instrumen penelitian adalah tes pemahaman konsep dan lembar observasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik nonparametrik dengan uji Mann-Whitney pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh interactive demonstration terhadap perubahan konsep siswa tentang tekanan zat cair.

 

Kata Kunci: interactive demonstration, perubahan konsep.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats