PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DAMPELAS

Dian Vitayana, Yusuf Kendek, Fihrin Fihrin

Abstract


Abstrak - Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain pretest-postest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui tes hasil belajar siswa. Data pretest dan postest kelompok eksperimen dan kontrol dianalisis menggunakan analisis statistik. Skor rata-rata tes hasil belajar fisika yang diperoleh untuk kelas eksperimen adalah 10,52 dan kelas kontrol 7,57. Dari hasil uji t pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 59. Diperoleh thit =4,40 dan ttabel =1,67, dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima. Dari hasil N-Gain rata-rata diperoleh 44,08% dan termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan, pada kelas kontrol diperoleh N-gain rata-rata 11,30% yang termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan uji hipotesis dan N-Gain rata-rata, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Dampelas.

Kata Kunci     : Model pembelajaran Inkuiri terbimbing, Peningkatan hasil belajar.


Full Text: PDF

DOI: 10.22487/j25805924.2015.v3.i1.4332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats