PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PALU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika antara model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Palu. Penelitian ini menggunakan “The non ekuivalen Pretest-posttest design”. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel Pada penelitian adalah kelas X-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi perangkat pembelajaran untuk model Sains Teknologi Masyarakat, perangkat pembelajaran untuk model pembelajaran direct instruction dan tes hasil belajar fisika. Analisis data tes dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak untuk melihat adanya perbedaan pada kedua kelas yang menggunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan yang menggunakan model pembelajaran direct instruction. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian, diperoleh hasil pengujian hipotesis dengan taraf nyata 0,05 berdasarkan tes akhir dengan menggunakan skor rata-rata maka diperoleh = 8,04 dan = 1,98, maka ditolak dan hipoteis satu diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats