Peningkatan Hasil Belajar IPA-Fisika Melalui Pendekatan Deep Dialogue dan Critical Thingking pada Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 2 Biromaru

Hizrah Hizrah, I Wayan Darmadi, I Komang Werdhiana

Abstract


Penyebab hasil belajar IPA fisika siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Biromaru rendah, karena metode pembelajaran yang diterapkan belum efektif. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPA fisika siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan menerapkan metode pembelajaran pendekatan Deep Dialogue dan Critical Thinking.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Biromaru yang  berjumlah 23 orang siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan materi besaran dan Pengukuran. Data diperoleh melalui lembar observasi aktifitas guru dan aktifitas siswa, serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas guru dan siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II dan berada dalam kategori baik. Berdasarkan analisis hasil belajar diperoleh data siswa siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,35%, dimana  nilai daya serap klasikal siklus I sebesar 67,13%, dan siklus II sebesar  75,73%. Untuk ketuntasan belajar klasikal meningkat sebesar 21,06% dengan nilai ketuntasan klasikal siklus I adalah 65,21% dan siklus II sebesar 82,61%. Berdasarkan indikator keberhasilan  yakni apabila persentase daya serap klasikal 80% dan ketuntasan klasikal 80%, disimpulkan bahwa metode pendekatan Deep Dialogue dan Critical Thinking dapat meningkatkan hasil belajar IPA fisika siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Biromaru.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats