Perbandingan Hasil Belajar Fisika dengan Menggunakan Bahan Ajar E-Materi Berbasis Exe dengan E-Materi Berbasis Powerpoint pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Palu

Eka Anggriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan  hasil belajar fisika dengan menggunakan bahan ajar E-Materi berbasis Exe dengan E-Materi berbasis Powerpoint pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian “Posttest-Only Comparison Group Design” Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Palu. Kelas XI IPA1 diajar menggunakan bahan ajar E-Materi berbasis Exe sedangkan kelas XI IPA2 diajar menggunakan bahan ajar E-Materi berbasis Powerpoint. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar fisika dalam bentuk multiple choice dan essay. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil belajar fisika untuk kelas XI IPA1 rata-rata 70,86 dengan standar deviasi 8,83 dan untuk kelas XI IPA2 diperoleh rata-rata 60,24 dan standar deviasi 11,40. Uji hipotesis, pada penelitian ini H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang  menggunakan bahan ajar E-Materi berbasis Exe dengan siswa yang menggunakan E-Materi berbasis poweroint.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats