https://portalderevistas.uam.edu.ni/files/toponline/ http://210.57.208.166/obctoponline/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/ http://macasa.mx/ http://info.andes.edu.mx/ http://uat.sewrob.com/ https://ardpension.com/ https://tubitak2237.usak.edu.tr/storage/pisangtoto/ https://ustech.usak.edu.tr/storage/obcbet/ https://bahanacitapersada.com/ https://ppdb.bahanacitapersada.com/ https://167.71.57.184/ https://159.89.125.203/
Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAN Poso Pesisir | Ain | JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAN Poso Pesisir

Nur Ain, Kamaluddin Kamaluddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) terhadap  kemampuan berpikir kritis siswa  kelas X MAN Poso Pesisir. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi menggunakan desain Prates-Pascates yang tidak Ekuivalen (the non equivalen, Pretest-Postest Design). Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk tes esai berjumlah 5 nomor soal. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor pretest kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol adalah 5,40 dengan standar deviasi 2,09, untuk rerata skor posttest adalah 6,48 dengan standar deviasi 2,35. Untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor pretest 5,50 dengan standar deviasi 2,26, sedangkan untuk rerata skor posttest adalah 9,57 dengan standar deviasi 2,80. Analisis data tes dilakukan dengan teknik statistic uji-t dua pihak untuk menguji perbedaan rerata skor kemampuan berpikir kritis siswa dengan taraf signifikan α = 0,05. Diperoleh nilai hasil thitung = 4,92 dan ttabel = t0,975(51) = 2,02. Ini berarti bahwa nilai thitungberada di luar daerah penerimaan H0. Disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model pembelajran pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa  kelas X MAN Poso Pesisir.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats