Analisis Penalaran Konsep Fisika pada Siswa Kelas X SMAN 1 Torue

Ni Komang Tri Rahayu, Muhammad Ali

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat penalaran konsep fisika pada siswa kelas X SMAN 1 Torue. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan penalaran matematis pada konsep fisika. Subyek penelitian ini sebanyak 9 orang siswa. Setiap 3 siswa mewakili masing-masing kriteria kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman, meliputi tiga kegiatan yang dilakukan secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemampuan penalaran dapat diketahui dari soal tes berupa soal esai yang dipadukan dengan hasil wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan penalaran siswa pada  kriteria kelompok tinggi hanya mencapai 55%, pada kriteria kelompok sedang hanya mencapai 59.2%, sedangkan pada kriteria kelompok rendah mencapai 47.5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan penalaran siswa pada konsep fisika masih tergolong kurang. 

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats