Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan Alat Praktikum Sederhana Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Palu

Komang Ayu Sari, I Wayan Darmadi, Muhammad Janarwi

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan alat praktikum sederhana terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas X SMA Negeri 7 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the non-equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Palu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas X MIA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelompok kontrol. Instrumen pemahaman konsep fisika berupa tes esai yang telah divalidasi melalui validitas konstruksi. Berdasarkan tes pemahaman konsep fisika pada materi hukum Newton yang diperoleh, menunjukan bahwa nilai rata – rata untuk kelas eksperimen yaitu 72,27 dengan simpangan baku sebesar 10,27 dan nilai rata – rata pemahaman konsep siswa untuk kelas kontrol yaitu 69,70 dengan simpangan baku sebesar 9,57. Hasil uji t dua pihak dengan dk = 64 dan taraf signifikansi a = 0,05 diperoleh nilai thitung = 3,17 dan nilai ini lebih besar dari ttabel= 1,99. Hal ini berarti, nilai thitungberada di luar daerah penerimaan H0. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan alat praktikum sederhana terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas X SMA Negeri 7 Palu.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats