Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Strategi Generatif untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Tut Wuri Handayani Makassar

Sulastri Kakaly, Gustina Gustina

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Fisika berorientasi strategi generatif pada materi Fluida. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (Four D). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi kemampuan guru, tes pemahaman konsep, tes keterampilan proses sains dan angket. Subjek peneilitannya adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Tut Wuri Handayani Makassar. Dari hasil penelitian menunjukkan: (1) semua komponen perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, BAPD, LKPD, tes keterampilan proses sains dan tes pemahaman konsep fisika beserta instrumen penilaian memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian tim ahli. Dengan demikian perangkat yang dikembangkan  layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika khususnya pada materi fluida; (2) terdapat peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah diajar menggunakan perangkat yang telah dikembangkan berada pada kategori “sedang”; (3) terdapat peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik dengan kategori “sedang”; dan (4) respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran berada pada kategori sangat positif.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats