Pengembangan Perangkat Lunak untuk Pembelajaran Listrik Dinamis

Djeli Tulandi, Citra Wejasu

Abstract


Pembelajaran berbasis Teknologi informasi dan komunikasi menjadi penting dalam menghadirkan inovasi-inovasi dalam pembelajaran fisika dengan memanfaatkan penggunaan komputer dan handphone. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat lunak berbasis blended learning pada materi listrik dinamis yang dikemas menggunakan program Autoplay Media Studio 8 dan Online Builder Appy Pie app maker.  Subjek penelitian ini adalah mehasiswa semester VI Prodi Pendidikan Fisika FMIPA dan siswa  Kelas XII IPA SMA N 2 Tondano. Penelitian ini terdiri atas empat tahap, yakni : Tahap Analisis, Tahap Desain, Tahap Pengembangan dan Tahap Implementasi.Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif persentase dengan penilaian ketercapaian disetiap indikator, rentang skor 1 sampai 4. Hasil penelitian untuk uji kelompok kecil aspek perangkat lunak mendapat skor persentase 88,09%, aspek pembelajaran mendapat skor persentase 89,58% dan aspek komunikasi visual mendapat skor persentase 88,02%. Sesuai dengan range persentase dan kriteria kualitatif maka hasil tersebut berada pada kriteria Sangat Baik, sehingga produk perangkat lunak Fisika ini Layak untuk diimplementasikan di dalam kelas rill. Pada tahap implementasi dilakukan eksperimen dengan rancangan one group pretest-postest design. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan produk perangkat lunak berbasis blended learning yang menarik, efektif dan layak digunakan pada materi Listrik Dinamis Kelas XII SMA dengan kualifikasi sangat baik.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats