Pengaruh Pemberian Tugas Awal dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas VII SMP Karuna Dipa Palu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemahaman konsep fisika siswa antara kelas yang menggunakan pemberian tugas awal dengan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas VII SMP Karuna Dipa Palu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan desain “the non equivalent control group design”. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu kelas VII metta sebagai kelas kontrol dan kelas VII virya sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep dalam bentuk esai. Berdasarkan hasil pengolahan data, untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor tes awal adalah 37,82 dan untuk tes akhir adalah 66,14 dari skor ideal yaitu sebesar 80. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor tes awal 37,36 dan untuk tes akhir adalah 44,72 dari skor ideal yaitu sebesar 80. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 7,48 dan ttabel = 1,68. Ini berarti bahwa nilai thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh pemberian tugas awal dengan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas VII SMP Karuna Dipa Palu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats