Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Palu

Mikrayanti Mikrayanti, Amiruddin Hatibe, Darsikin Darsikin

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 6 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the non-equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Palu. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas X MIA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validitas konstruksi. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 17,04 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 13,04. Uji hipotesis uji t (dua pihak), diperoleh thitung = 4,28 dan ttabel(0.975)(47) =2,01 pada taraf nyata α = 0,05. Ini berarti bahwa nilai  thitung  berada di luar daerah penerimaan Ho. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 6 Palu.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats