Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Dengan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sindue

Ni Wayan Ayu Wulandari, H. Muhammad Ali, H. Kamaluddin

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar fisika melalui modelpembelajaran kooperatif tipe  pair check dengan metode diskusi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sindue. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklusterdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPNegeri2Sindue dengan jumlah siswa 20 orang. Pada siklus I dari 20 siswa yang mengikuti tes terdapat 14 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 74,33, presetase ketuntasan klasikal yaitu 70,00% dan presentase daya serap klasikal 74,33%.hal tersebut belum memenuhi indikator kinerja yang sudah ditetapkan. Untuk itu penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II terdapat 4 siswa yang belum tuntas namun nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 80,67 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 80,00% dan presentase daya serap klasikal yaitu 80,67% hal ini sudah memenuhi indikator yang telah ditentukan sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII A SMPNegeri 2 Sindue

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats