https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Kemampuan Siswa dalam Menganalisis Soal Uraian Listrik Statis di SMPN 2 Kasimbar | Saini | JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Kemampuan Siswa dalam Menganalisis Soal Uraian Listrik Statis di SMPN 2 Kasimbar

Siti Magfirah Saini, Marungkil Pasaribu, Muslimin Muslimin

Abstract


Permasalahan yg akan diteliti yaitu bagaimanakah kemampuan siswa dalam menganalisis soal uraian listrik statis di SMP Negeri 2 Kasimbar. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menganalisis soal uraian listrik statis. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 23 siswa. Data diperoleh melalui tes seleksi responden untuk menentukan responden yang akan diteliti, kemudian kegiatan wawancara untuk mendukung perolehan data yang lebih akurat. Tes seleksi responden sebanyak 6 butir soal yang berupa soal uraian. Tes seleksi responden sebanyak 6 butir soal yang dibuat berdasarkan tes kemampuan analisis berdasarkan Taksonomi Anderson yaitu memilah, memfokuskan, menemukan koherensi, memadukan, membuat garis besar dan mengatribusikan yang dikerjakan oleh responden. Responden penelitian yang diwawancarai berjumlah 6 orang berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan rendah yang diperoleh dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dan  standar deviasi. Data penelitian dianalisis melalui pendekatan deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih mampu mengerjakani soal deskriptor memilah (63,5) dan mendekonstruksikan (64,3). Sehingga kemampuan siswa dalam menjawab soal deskriptor menemukan koherensi (50,4), memfokuskan (59,1), membuat garis besar (45,6) dan memadukan (5,4) masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan siswa lebih sering diberikan soal-soal yang kategori jawabannya pasti dan cenderung menghapal jawaban.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats