Analisis Kemampuan Representasi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Hukum III Newton

Dadang Dadang, I Komang Werdhiana, Sahrul Saehana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, mengetahui, dan menganalisis kemampuan representasi mahasiswa dalam menyelesaikan soal fisika pada materi hukum III Newton.  Subyek penelitian ini terdiri dari 22 orang mahasiswa dan dipilih 3 responden dengan cara pemberian tes pemilihan responden dalam bentuk pilihan ganda kemudian dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu kategori tinggi, sedang, dan rendah. Data diperoleh melalui pemberian tes sebanyak dua kali yaitu tes pemilihan responden dan tes kemampuan representasi serta wawancara. Tes terdiri dari tiga nomor soal yang setiap soal terdiri dari 3 konteks berbeda yang diberikan kepada mahasiswa dan setelah itu dilakukan wawancara. Data penelitian dianalisis melalui pendekatan deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan representasi siswa berbeda-beda dari setiap representasi yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa masih cenderung lemah dalam menjawab soal dengan format representasi verbal dan format representasi yang dominan dikuasai oleh mahasiswa yaitu format grafik. Perlunya pembiasaan oleh mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan soal fisika dengan menggunakan representasi yang beragam yaitu guna membantu dalam mengomunikasikan pemikiran, mengembangkan dan memperdalam pemahaman mereka.

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats