https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa Kelas VIII SMPN 19 Palu | Wahab | JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa Kelas VIII SMPN 19 Palu

Aryani A Wahab, Amiruddin Hatibe, Muhammad Jarnawi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran dengan pendekatan kontekstual terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pembelajaran pendekatan kontekstual terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VIII SMP 19 Palu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 19 Palu. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas VIIIC sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep yang telah divalidasi oleh validator ahli. Hasil analisa data dari rentang skor antara (0-20) diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 63,13 dengan standar deviasi 0,97 dan kelas kontrol diperoleh skor rata-rata 55,00 dengan standar deviasi 2,12. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,46 > 1,67,  dari taraf signifikasi  dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil uji membuktikan bahwa terdapat perngaruh pemahaman konsep fisika antara kelas yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dengan siswa yang mengikuti  pembelajaran konvensional.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats