Pengaruh Model Auditory Intellectually Repetition terhadap Pemahaman Konsep tentang Perubahan Energi Termal dan Perpindahan Panas Pada Siswa Kelas VII MTsN Model Palu

Moh. Fathan Mubin, I Komang Werdhiana, Amiruddin Kade

Abstract


Abstrak – Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa Kelas VII MTsN Model Palu. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model Auditory Intellectually Repetition terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VII MTsN Model Palu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Model Palu. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random dengan sampel penelitian adalah kelas VIID sebagai kelas kontrol dan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep yang telah divalidasi oleh validator ahli. Hasil analisa data dari rentang skor antara (0-80) diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 33,07 dengan standar deviasi 13,38 dan kelas kontrol 32,75 dengan standar deviasi 15,73. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,57>1,99. Maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil uji membuktikan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara kelas yang mengikuti model Auditory Intellectually Repetititon dengan siswa yang mengikuti  model pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci: Auditory Intellectually Repetition, Pemahaman Konsep.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats