Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Metode Eksperimen menggunakan Alat Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ampibabo

Reza Riani, Muhammad Ali, Yusuf Kendek

Abstract


Abstrak – Model pembelajaran treffinger berbantuan metode eksperimen menggunakan alat sederderhana merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk berfikir kreatif dalam memecahkan masalah, membantu siswa dalam menguasai konsep-konsep materi yang diajarkan serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan potensi-potensi yang ada dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran treffinger berbantuan metode eksperimen menggunakan alat sederhana untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ampibabo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Penelitian ini meliputi empat tahap (i) perencanaan, (ii) pelaksanaan tindakan (iii) observasi dan (iv) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ampibabo dengan jumlah siswa 39 orang. Berdasarkan analisis data, hasil belajar siklus I diperoleh Ketuntasan Belajar Klasikal sebesar 66,67%, Daya Serap Klasikal 69,61%, aktivitas guru berada dan aktivitas siswa berada pada kategori cukup. Pada siklus II diperoleh Ketuntasan Belajar Klasikal sebesar 84,61%, Daya Serap Klasikal 81,79%, aktivitas guru dan aktivitas siswa berda pada kategori sangat baik. Hal ini memenuhi indikator kinerja yang telah ditentukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran treffinger berbantuan metode eksperimen menggunakan alat sederhana dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ampibabo

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Treffinger, Metode Eksperimen, Alat Sederhana dan Hasil Belajar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats