https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Solving Berbasis Mind mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Palu | Syuhudi | JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Solving Berbasis Mind mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Palu

Moh. Astiar Syuhudi, Marungkil Pasaribu, Muhammad Jarnawi

Abstract


Abstrak – Pembelajaran problem solving (pemecahan masalah) adalah suatu cara menyajikan pelajaran dengan mendorong siswa untuk mencari dan memecahkan suatu masalah atau persoalan dalam rangka untuk mencapai tujuan pembelajaran. Mind mapping adalah salah satu cara mencatat materi pelajaran yang memudahkan siswa belajar. Tujuan Penelitian ini untuk menguji signifikasi perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang diberi perlakuan menggunakan strategi pembelajaran problem solving berbasis Mind Maping dengan yang diberi perlakuan menggunakan strategi pembelajaran problem solving pada siswa kelas XI SMA Negeri 7 Palu. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Palu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas XI IPA3 yang berjumlah 30 orang terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA4 yang berjumlah 28 orang terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan berpikir kritis berbentuk essay berjumlah 5 soal yang telah divalidasi, setiap unit soal mengukur satu indikator keterampilan berpikir kritis yaitu keterampilan menganalisis, keterampilan mensintesis, keterampilan mengenal dan memecahkan masalah, keterampilan menyimpulkan serta keterampilan mengevaluasi atau menilai. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor post-test kelas eksperimen sebesar 20,10 dan kelas kontrol sebesar 16, 11. Analisis data dengan teknik statistik uji-t dua pihak diperoleh nilai thitung = 6,24 dan nilai ttabel  adalah t0,95(56) = 2,02. Hal ini berarti, nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Hasil ini menyatakan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelas yang diberi perlakuan dengan strategi pembelajaran problem solving berbasis Mind Maping dengan kelas yang diberi perlakuan strategi pembelajaran problem solving.

 

Kata Kunci: Problem solving, Mind mapping, Keterampilan Berpikir Kritis.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

 

View My Stats