PERANAN METODE BERCAKAP-CAKAP TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI KELOMPOK B TK NURJANNAH

Miftahul Jannah, Fitriana Fitriana

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbahasa anak di kelompok
B TK Nurjannah Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripsi. Adapun
subjek penelitian yaitu seluruh anak di kelompok B TK Nurjannah yang berjumlah 16 anak.
Terdaftar pada tahun akademik 2018-2019. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data hasil penelitian pada minggu pertama
pada aspek menjawab pertanyaan (12,5%) kategori BSB, (18,75%) kategori BSH, (31,25%)
kategori MB, (37,5%) kategori BB, aspek menyebutkan simbol-simbol huruf (12,5%) kategori
BSB, (18,75%) kategori BSH, (31,25%) kategori MB, (37,5%) kategori BB, aspek menyebutkan
kosa (12,5%) kategori BSB, (18,75%) kategori BSH, (25%) kategori MB, (43,75%) kategori BB.
Setelah menggunakan metode bercakap-cakap pada minggu ketiga peningkatan yang signifikan,
aspek menjawab pertanyaan (18,75%) kategori BSB, (37,5%) kategori BSH, (31,25%) kategori
MB, (12,5%) kategori BB, aspek menyebutkan simbol-simbol huruf (25%) kategori BSB,
(31,25%) kategori BSH, (25%) kategori MB, (18,75%) kategori BB, aspek menyebutkan kosa
(18,75%) kategori BSB, 6 anak atau (37,5%) kategori BSH, (31,25%) kategori MB (12,5%)
kategori BB. Maka dapat disimpulan bahwa kemampuan berbahasa anak dapat ditingkatkan
melalui metode bercakap-cakap.
Kata Kunci : Metode Bercakap-cakap, Berbahasa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.