https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PERANAN METODE BERCAKAP-CAKAP TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI KELOMPOK B TK NURJANNAH | Jannah | Bungamputi

PERANAN METODE BERCAKAP-CAKAP TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI KELOMPOK B TK NURJANNAH

Miftahul Jannah, Fitriana Fitriana

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbahasa anak di kelompok
B TK Nurjannah Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripsi. Adapun
subjek penelitian yaitu seluruh anak di kelompok B TK Nurjannah yang berjumlah 16 anak.
Terdaftar pada tahun akademik 2018-2019. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data hasil penelitian pada minggu pertama
pada aspek menjawab pertanyaan (12,5%) kategori BSB, (18,75%) kategori BSH, (31,25%)
kategori MB, (37,5%) kategori BB, aspek menyebutkan simbol-simbol huruf (12,5%) kategori
BSB, (18,75%) kategori BSH, (31,25%) kategori MB, (37,5%) kategori BB, aspek menyebutkan
kosa (12,5%) kategori BSB, (18,75%) kategori BSH, (25%) kategori MB, (43,75%) kategori BB.
Setelah menggunakan metode bercakap-cakap pada minggu ketiga peningkatan yang signifikan,
aspek menjawab pertanyaan (18,75%) kategori BSB, (37,5%) kategori BSH, (31,25%) kategori
MB, (12,5%) kategori BB, aspek menyebutkan simbol-simbol huruf (25%) kategori BSB,
(31,25%) kategori BSH, (25%) kategori MB, (18,75%) kategori BB, aspek menyebutkan kosa
(18,75%) kategori BSB, 6 anak atau (37,5%) kategori BSH, (31,25%) kategori MB (12,5%)
kategori BB. Maka dapat disimpulan bahwa kemampuan berbahasa anak dapat ditingkatkan
melalui metode bercakap-cakap.
Kata Kunci : Metode Bercakap-cakap, Berbahasa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.