Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Optimalisasi Kemampuan Berfikir Pada Materi Usaha Dan Energi Siswa Kelas X Teknik Sepeda Motor

Nurbaya Nurbaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model optimalisasi kemampuan berfikir pada materi usaha dan energi siswa kelas X Teknik Sepeda Motor SMK PGRI 1 Marawola. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Sepeda Motor SMK PGRI 1 Marawola yang berjumlah 30 siswa terdiri atas 30 siswa laki-laki dan 0 siswa perempuan, Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK yang terdiri dari pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar penelitian motivasi belajar, lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada tes awal yaitu hanya 14 dari 30 siswa yang memperoleh nilai 75, dengan persentase nilai rata–rata kelas 64 dengan ketuntasan belajar klasikal 47%. Peningkatan hasil belajar siklus I yaitu dari 30 siswa hanya 20 siswa yang memperoleh nilai 75 dengan persentase nilai rata–rata 72 dengan ketuntasan belajar klasikal 67%. Pada siklus II mengalami peningkatan dari 30 siswa diperoleh 28 siswa dikatakan tuntas dengan persentase nilai rata–rata 80 dengan ketuntasan belajar klasikal 93%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan model optimalisasi kemampuan berfikir pada materi usaha dan energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Sepeda Motor SMK PGRI 1 Marawola.

Keywords


Hasil Belajar; Model Optimalisasi Kemampuan Berfikir; Usaha dan Energi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.