https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Snowball throwing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Pokok Membaca Alqur’an Yang Berkaitan Dengan Al-Asma’u Al- Husna Siswa Kelas X Tata Busana 1 SMK Negeri 1 Palu | Masrum | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Snowball throwing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Pokok Membaca Alqur’an Yang Berkaitan Dengan Al-Asma’u Al- Husna Siswa Kelas X Tata Busana 1 SMK Negeri 1 Palu

Masrum Masrum

Abstract


Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu: Apakah model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi pokok membaca Al-qur'an yang berkaitan dengan Al-Asma'ul Al-Husna kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Palu pada semester ganjil tahun ajaran 20120/2021 dengan jumlah peserta didik 27 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap disetiap siklusnya, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses pembelajaran PAI dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar individu dan klasikal. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes evaluasi diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar PAI siswa melalui model pembelajaran snowball throwing mengalami peningkatan hasil belajar, khususnya pada materi membaca Al-Qur'an yang berkaitan dengan Al Asmau'ul Al Husna pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 60 dengan ketuntasan belajar 70%. Aktivitas belajar antar siswa 57% dan aktivitas belajar siswa dengan guru sebesar 70% dan meningkat menjadi 88 dengan ketuntasan belajar 100%. Aktivitas belajar antar siswa 82% dan aktivitas belajar siswa dengan guru 88% pada siklus II. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas di setiap siklusnya

Keywords


Learning Outcomes; Snowball Throwing; Islamic Religious Education

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, & Dian Andayani. (2006). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Remaja Rosdakarya Anisatun Nurroh. (2010). Penggunaan Alat Peraga Dengan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Luas Permukaan Dan Volum Bangun Ruang Di Kelas VIII B SMP Takhassus Al-Qur’an Wonosobo. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Ferdinandus Tamo Ama, & Setiawan Budi Sartati. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Snowball Throwing pada Pokok Bahasan Penyelesaian Pertidaksamaan Kuadrat. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 1(2), 73–80. Iskandar, dadang. Narsim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Cilacap: Ihya Media Rahmayulis, 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia. Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung :Remaja Rosdakarya, Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.