https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
METODE BERTANDANG DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 27 LEIHITU KABUPATEN MALUKU TENGAH | Kakaly | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

METODE BERTANDANG DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 27 LEIHITU KABUPATEN MALUKU TENGAH

Hatima Kakaly, Acim Acim, Bety D.S Hetharion

Abstract


Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia saat ini, khususnya dalam dunia pendidikan.ini mengharuskan semua elemen pendidikan untuk beradaptasi dan melanjutkan sisa semester. Masalah utama dalam penelitian ini adalah menerapkan metode bertandang dalam peningkatan hasil pembelajaran di SMA Negeri 27 Leihitu Maluku Tengah dan meningkatkan hasil pembelajaran melalui metode bertandang yang telah diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana cara guru menerapkan metode bertandang dalam meningkatkan pembelajaran sejarah dan bagaimana mengetahui hasil belajar siswa melalui metode bertandang yang telah di terapkan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dimana peneliti akan menguraikan bukti pikiran informan tentang masalah yang diteliti dalam peningkatan hasil pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan atau narasumber studi dokumen dan observasi. Cara guru menerapkan metode bertandang adalah siswa dikumpulkan pada tempat tertentu untuk menjalankan proses belajar. Meskipun proses belajar yang berlangsung tidak seperti di sekolah namun hal ini dilakukan juga agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa guru melakukan tes kepada siswa melalui materi yang dibagikan sebelumnya.


Keywords


metode bertandang; pembelajaran sejarah; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad, R.A & Murad, R.H. 2020. The Impact of Social Media on Panic During The Covid-19 Pandemi Online Questionnaire Study. Journal of Medical Internet Research JMIR) Vol.22, No 5 (2020).

Akbar, 2003. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Ali. 2005. Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Pt Bumi Aksara.

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. 2020. Pembelajaran Online Berbasis Proyek Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol 05 No.01.

Basilaia, G. & Kvavadze, David. 2020. Transition To Online Education in Schools Duing a Sars-Cov-2. Pedagogical Research, vol 5 no 4 (2020)

Depdiknas 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Pt Rineka Cipta.

Hanafi, M. 2009. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam.

Hasan, S.H. 2007. Kurikulum Sejarah Dan Pendidikan Sejarah Lokal. Bandung: Salamina Press.

Jogiyanto, 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Cv Andi Offset.

Kasmadi, Hartono. 1996. Model-Model Dalam Pengajaran Sejarah. Semarang: Ikip Semarang Press.

Kochhar 2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Pt Grasindo.

Maya, Rahendra. 2013. “Esensi Guru Dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter”. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (Stai) Al Hidayah Bogor. Vol. 03 No. 02 Edisi Januari 2013.

Milles Dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992, Hlm. 16. Moleong, 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada.

Ngainun Naim, 2009. Rekonstruksi Pendidikan Nasional: Membangun Paradigma Yang Mencerahkan. Yogyakarta: Teras. Triwiyanto Teguh, 2015. Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Pt.

Rohmad, Ali. 2004. Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Bina Ilmu.

Sapriya 2009. Pendidikan Ips. Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara Hal 5.

Sobron, A.N. Dkk.2019. Persepsi Siswa Dalam Studipengaruh Daring Terhadap Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme.

Sugiyono,2011. Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Thorne, Kaye. 2003. Bleded Leraning Kogan Page Publisher.

Triwiyanto Teguh, 2015. Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Pt.

Wiranda & Adri, 2019. Rancang Bangun Aplikasi Modul Pembelajaran Teknologi Wan Berbasis Android. Http:// Ejurnal. Unp.AcId/Index? Phpvoteknika/ Index


Refbacks

  • There are currently no refbacks.