https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI | Megawati | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Sri Megawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi melalui Penerapan model Discovery Learning pada siswa kelas X AKL SMK Negeri 1 Parigi. Penelitian tindakan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang timbul dalam pembelajaran Biologi, Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut juga dengan istilah Classroom Action Research. Penelitian ini di desain melalui Penilitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas X AKL semester I dengan jumlah siswa 35 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan (Planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Indikator keberhasilan penelitian ini adalah (1) peningkatan presentase siswa yang memperoleh nilai ≥75 atau jumlah siswa yang belajar tuntas meningkat menjadi 85%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data kenaikan persentase pencapaian ketuntasan belajar klasikal Sesuai hasil analisis tes akhir tindakan siklus I, dari 35 jumlah siswa terdapat 15 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 43% dan daya serap klasikal adalah 69%, serta rata-rata hasil belajar adalah 69. Ketuntasan klasikal belum mencapai 75% sehingga peneliti perlu melanjutkan ke siklus II. Sementara hasil yang diperoleh pada siklus II jauh lebih baik dan pada hasil yang diperoleh pada siklus I. hasil analisis belajar siklus II diketahui bahwa 33 siswa tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 94% dan daya serap klasikal mencapai 83%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Melalui Penerapan Penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X AKL SMK Negeri 1 Parigi.

Keywords


Discovery Learning; Learning Outcomes; Biology

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2020). Pemanfaatan Media Proyektor Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Mata Pelajaran Bk-Tik Tahun Pelajaran 2019 – 2020. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 2(01), 21–31. https://doi.org/10.55273/karangan.v2i01.42

Ernawati. (2014). Perbandingan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Problem Based Learning Dan Problen Solving Pada Kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).

Fitri, M., & Delina. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Inpafi, 3(2), 89–96.

Nayla, N. H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology, 2(1), 18–20.

Putri, E. N. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Discovery. Jurnal Pendidikan Ke SD-An, 4(2), 369–374.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Salimun. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Denganmetode Kerja Kelompok Pada Kelas VI SDN 02 Sempayuk. Universitas Tanjungpura.

Salmi, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS.2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865

Thahir, A. (2022). Penerapan Metode Discovery Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Al-Irsyad: Journal Of Education Science, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.