https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGOPTIMALKAN PENERAPAN METODE DRILL DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN | Fajar | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGOPTIMALKAN PENERAPAN METODE DRILL DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Fajar Fajar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dan mengoptimalkan penerapan metode Latihan dalam mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode DrillJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik Pengumpulan data dalam peneltian ini menggunakan metode observasi. Instrumen dalam peneltian ini berupa lembar observasi. Data kondisi awal pra siklus persentase hasil belajar lari sprint siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Parigi sangat rendah menunjukkan 50% siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I hanya sejumlah 15 siswa dari 30 siswa dan nilai rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 65 , meningkat menjadi 86% atau 26 siswa yang tuntas belajar dari 30 siswa dengan rata-rata hasil belajar menjadi 80. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa penerapan metode Drilldapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Parigi.

Keywords


Hasil belajar; Metode Drill; Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Afrinaval, G., & Syamwil. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang Dan Manufaktur Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK Negeri 2 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal EcoGen, 2(4), 624–633.

Bahagia, Y. (2012). Pembelajaran Atletik.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. KAAFFAH LEARNING CENTER.

Nofiyanto, G. C. (2016). EFEKTIVITAS METODE DRILL TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MAGELANG. UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Saragi, P. M. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2016 / 2017. Universitas Negeri Medan.

Subiantoro. (2013). Implementasi Metode Drill Untuk Peningkatan Kemampuan Pada Penerapan Kaidah Nahwu Siswa Kelas VII MTs Negeri Pundong Bandung. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Sunarto. (2005). Pengertian Hasil Belajar dan Pembelajaran. http//sunarto.wordpress

Tambak, S. (2016). Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 110–127. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1517

Triwaluyo, J. (2013). Sprint Melalui Permainan Hitam Hijau Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 02 Badak Kecamatan Belik Kabupaten. Unversitas Negeri Semarang 2013.

Yus, J. M., Sugyono, & Uliyanti, E. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Diskusi Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.