https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS XI BOGA 1 PADA PRAKTEK TATA HIDANG MELALUI METODE PENUGASAN | Emmy | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS XI BOGA 1 PADA PRAKTEK TATA HIDANG MELALUI METODE PENUGASAN

Emmy Emmy

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa kelas XI Boga 1 pada praktek tata hidang melalui metode penugasan. Jenis data yang digunakan ada dua macam yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data diperoleh melalui hasil observasi data kuantitatif diperoleh dari hasil pembelajaran melalui metode penugasan. metode yang digunakana dalam metode deskriptif metode pengolahan data melalui analisis distribusi frekuensi tunggal. Berdasarkan pembahasan mulai pratindakan, observasi sampai dengan rata-rata dan ketuntasan secara klasikal dengan menggunakan rumus-rumus yang telah ditetapkan, dapat diketahui bahwa kemampuan siswa kelas XI Boga 1 pada praktik tata persembunyian dapat ditingkatkan melalui metode penugasan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai yang diperoleh siswa mulai dari pratindakan 55 kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan tindakan pada siklus I mendapat nilai rata-rata 65 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal 68% atau 17 orang tuntas dan siswa yang dinyatakan belum dan siswa yang dinyatakan belum tuntas sebanyak 8 orang atau 32%. Ketuntasan tersebut belum mencapai indikator ketuntasan berdasarkan keinginan dalam penelitian ini, sehingga dilanjutkan pada siklus II. Hasil Berdasarkan hasil pada siklus II diketahui bahwa nilai rata-rata adalah 80 dengan presentase ketuntasan adalah 88% atau 22 orang tuntas. Berdasrkan perolehan nilai rata-rata dan tingkat ketuntasan pada siklus II tersebut telah mencapai indikator kinerja.

Keywords


kemampuan siswa; metode penugasan; tata hidang

Full Text:

PDF

References


Anggriani, A. (2017). Pengaruh Pemberian Resitasi Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Fisika Berorientasi pada Modifikasi Jigsaw. Journal UIN Alauddin Makassar, 5(2), 76–81.

Ardiana, L. (2002). Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompotensi Guru Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia, Menyimak. Direktorat SLTP Dirjen Dikdasmen Depdikbud.

Kasmir, K. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Resitasi dengan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di Kelas VIII-1 Semester 1 SMPN 4 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 340–350. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.58

Mulyadi, Y. (2022). Prototipe Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 11(1), 47–60.

Munawaro. (2010). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Exacta, 1(17).

Putro, A. S. (2016). Kajian Eksploratif Terhadap “Sinau Bareng” Pada Komunitas SLiMS Jogja. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Sudjana, N. (1987). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Sumantri, M., & Permana H, J. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Maulana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.