https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PENERAPAN MODEL SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RANGKAIAN PENGATUR INTENSITAS CAHAYA DI KELAS XII TAV | Mursalim | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

PENERAPAN MODEL SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RANGKAIAN PENGATUR INTENSITAS CAHAYA DI KELAS XII TAV

Mursalim Mursalim

Abstract


Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Rangkaian Pengatur Intensitas Cahaya dengan menggunakan metode pembelajaran model simulasi pada siswa kelas XII SMK Negeri 3 Palu yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi rangkaian pengatur Intensitas Cahaya. Hal ini dapat dilihat pada awal menunjukan bahwa hanya ada 11 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 42,31%, guru menerapkan Peningkatan Hasil Belajar rangkaian pengatur Intensitas Cahaya Melalui Model Simulasi Pada siswa Kelas XII SMK Negeri 3 Palu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi pengelolaan pembelajaran Rangkaian Pengatur Intensitas Cahaya dengan menerapkan Peningkatan Hasil Belajar rangkaian pengatur intensitas cahaya Melalui Pembelajaran Model Simulasi Pada siswa Kelas XII SMK Negeri 3 Palu. diperoleh data bahwa pada siklus I ada 20 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 77%. Sedangakan setelah diadakan perbaikan pada siklus II ada 23 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 88%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi rangkaian pengatur Intensitas Cahaya.

Keywords


simulasi; hasil belajar; rangkaian pengatur intensitas cahaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.