https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Persepsi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Datokarama Palu Terhadap Mata Kuliah Metodologi Penelitian | Misnah | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

Persepsi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Datokarama Palu Terhadap Mata Kuliah Metodologi Penelitian

Misnah Misnah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya melakukan penelusuran persepsi mahasiswa pada penyelesaian tugas mata kuliah metodologi penelitian pada mahasiswa Universitas Negeri Islam (UIN) Datokarama Palu Sulawesi Tengah. Kenyataan di lapangan bahwa mahasiswa masih memiliki pengetahuan yang rendah pada pembuatan proposal pada bab I, Bab II, Bab III dan penggunaan sitasi rujukan menggunakan aplikasi mendeley. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif di Fakultas Tarbiyah pada mata kuliah metodologi di PGMI 1 semester 5 (lima), data diperoleh melalui pelacakan antusias mahasiswa saat mengikuti pembelajaran di kelas dengan jumlah mahasiswa 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi dan wawancara terkait dengan kebutuhan data di lapangan.  Setelah semua data terkumpul dilanjutkan pada tahapan melakukan analisis terhadap data yang telah dikumpulkan dan data tentang persepsi mahasiswa terhadap tugas akhir di analisis. Hasil temuan dilapangan bahwa persepsi mahasiswa Berdasarkan hasil wawancara dengan mahasiswa persepsi mahasiswa dapat diuraikan pada sikap antusias mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah yaitu mahasiswa  memiliki pengetahuan yang masih kurang terhadap pemetaan isi dari proposal, yaitu masih minim pengetahuan menguraikan apa saja isi dari latar belakang masalah, kajian teori dan metodologi penelitian.


Keywords


mahasiswa; dosen; kompetensi; penelitian

Full Text:

PDF

References


Agil. (2021). Konsep Pemahaman Mahasiswa.

Dr. Sugiyono. (2019). Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). ALFABETA.

Hamlan Andi Basso Malla. (2021). Kompotensi Mahasiswa UIN Berbasis Manajement Reference.

Ikhlas. (2020). Kajian Materi Mata Kuliah Multikultur di Perguruan Tinggi.

Kasim, A. A. (2019). Perguruan Tinggi Di Era revolusi Industri 4.0.

Kosasi, S. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Mendeley desktop Mengelola Referensi Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa. SNPMas: Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat, 64–74.

Nurfadilah. (2021). Rendahnya Pengetahuan Mahasiswa Merujuk Sumber Daftar Pustaka.

Nurhalimah. (2021). Rendahnya Pemahaman Mahasiswa terkait Isi Latar Belakang Masalah.

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah, 4(1), 49–56. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394/7199

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. ttps://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759


Refbacks

  • There are currently no refbacks.