https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Kajian Empirik Tentang Pranata Pendidikan Dalam Latar Budaya Dan Organisasi | Ratu | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

Kajian Empirik Tentang Pranata Pendidikan Dalam Latar Budaya Dan Organisasi

Bau Ratu

Abstract


Proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha untuk mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran atau pelatihan atau salah satu wadah sosialisasi nilai-nilai yang ideal di masyarakat. Di Indonesia, berdasarkan ruang lingkupnya, pendidikan dapat digolongkan menjadi 3, yaitu pendidikan dalam keluarga (pendidikan informal), pendidikan sekolah (pendidikan formal) dan pendidikan di masyarakat (pendidikan nonformal). Sekolah memiliki peranan sebagai penerapan budaya kondusif, membuka harapan guru bahwa setiap siswa dapat sukses, menekankan pengajaran pada pembelajaran keterampilaran, sistem tujuan pengajaran yang jelas bagi pelaksanaan monitoring dan penilaian keberhasilan kelas, dan memelihara kedisiplinan siswa. Keluarga memiliki beberapa fungsi dalam pendidikan diantaranya yaitu, fungsi biologis, edukatif, religius, protektif, sosialisasi anak, rekreatif, dan ekonomis.


Keywords


pranata pendidikan; budaya organisasi

Full Text:

PDF

References


Abu, A dan Nur Uhbiyati. (2001). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Bineka Cipta Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasil Pentahapan Keluarga Sejahtera Tingkat Nasional tahun 1994-2001 Bernadib, Imam. (1986). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset. Burke, R (2002). Organizational Culture: A key to the success of Work and family programs. In R. Burke & Nelson (Eds). Advacing women’s carrers: Research and Practice (pp. 3-15). Malden MA: Blackweel Publishers. Cooley, Charles Horton, (1994). Social Process,Charles Schribner’s Sons: New York. Crosswell, Leane (2006) Understanding teacher Commitmen in times of Changes, : Queensland Universtiy of Technology. Celep, C (2001). Teacher’s Organizational Commitmen in Educational Organizations. [Online]. Dapat diakses http://www.nationalforum.com./17celep.htm. Di akses 02 April 2017. Dewantara, K. H (1977). Karya Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa. Dewey, J (2011) Democrary and Education. New York: Simon & Brown. DPP ADIPSI (2008) Peran Organisasi Profesi Dalam Peningkatan Kualitas Kompetensi Guru Pendidikan Dasar [Power Point Pdf]. Retervied from http://www.google.com search:Peran organisasi Profesi guru, 1 Maret 2014. Griese, A.A (1981) Your Philosophy of Education: What is it ?. Santa Monica: CA. Gonzalez, L. E., Brown, M.,& Slate, J. (2008) Teachers Who Left The Teaching Profession: A Qualitative Understanding. The Qualitative Report, 13 (1), 1-11. Retrieved from http://www.nova.edu/ssss/QR/QR13-1/gonzalez. pdf Hutapea, Bonar (2012). Sifat Kepribadian dan Dukungan Organisasi Sebagai Prediktor Komitmen Organisasi Guru Pria Di Sekolah Dasar. Jurnal Makara, Sosial Humaniora. Vol.16, No 2 Desember 2012. 101 – 115. Kartadinata, S (2016) Peran ilmu Pendidikan dalam Membangun Kejujuran dan Kemandirian Menuju Bangsa yang Bermartabat, Yogyakarta: Orasi Ilmiah di Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. King, L & Schielmann (2004). Indigenous Education: Pratice and Perspectives. UNESCO: United Nations Educational. Kneller, F. George (1964) Introduction to the Philosophy of Education. University of California: Wiley. Mateo, A. San Rosalinda & Tangco, G. M, (2013). Foundation of Education II: Historical, Philosophical, and Legal Foundation of Education: Quezon city: Katha Publishing Co. Novoa, Antonio (2005) The Teaching Profession In Europe:Historical And Sociological Analysis. University of Lisbon Ornstein, G. Levine (2011) Foundations of education (11 th ed). Wads worth:Cengage learning. Sticher, G. Elif (2005) Preservice Science Teachers Perception Of Profession With Metaphorical Images And Reasons Of Choosing Teaching As A Profession. Sadulloh, Uyoh. (2015). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Undang-undang nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Wangsa Gandhi HW, Teguh. (2011). Mazhab-mazhab Filsafat Pendidikan. Ar-Ruzz Media. Wilfred, C (2005). The Routledge Falmer Reader In Philosophy of Education. London:Routledge Falmer. Zeigler, E. F & Vanderzwaang, H. J, (1968). Physical Education: Progresivisim or Essentialism. USA: Stipes Publishing Company.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.