https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Implementasi Pembelajaran Tematik Di SD Inpres Lolu Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2020-2021 | Muawanah | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

Implementasi Pembelajaran Tematik Di SD Inpres Lolu Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2020-2021

Siti Muawanah, Asep Mahpudz, Durotunnisa Durotunnisa, Herlina Herlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Inpres Lolu selama masa pandemi Covid-19. Subjek artikel ini adalah guru kelas IV, kepala sekolah, dan siswa. Data yang terkumpul melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan analisis data sebelum dan selama di lapangan, reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) SD Inpres Lolu sejak tahun 2017 Tahun 2018 telah mengikuti sosialisasi dan pelaksanaan pembelajaran tematik sudah berjalan dengan baik, (2) Guru telah merencanakan pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik dan telah membuat RPP yang bertemakan, (3) Metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik pada masa pandemi Covid-19 yaitu offline, pemberian materi/tugas atau pengajian dan pertunjukan yang memadukan aspek keilmuan di dalamnya yaitu; mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan, (4) Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran selama pandemi Covid-19 adalah; (a) Kesulitan dalam melakukan penilaian sesuai dengan kaidah buku guru terutama dalam menilai afektif dan psikomotorik, (b) Kesulitan dalam memasukkan nilai rapor siswa karena proses dan ulangan harian baik hasil belajar, ulangan tengah semester dan ulangan semester dilakukan secara tematis, namun dalam laporan penilaian, skor laporan harus disajikan sebagian berdasarkan konten masing-masing. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik sudah berjalan dengan baik sedangkan pelaksanaan asesmen di masa pandemi Covid-19 belum berjalan secara maksimal.


Keywords


pembelajaran tematik; penilaian; covid-19

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.