https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Pemetaan Potensi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) dan Gaya Belajar Siswa Menggunakan Metode Analisis Model Interaktif | Syahputra | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

Pemetaan Potensi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) dan Gaya Belajar Siswa Menggunakan Metode Analisis Model Interaktif

Muhammad Qaidin Syahputra, Yunita Badawi, Hasna Ambaling

Abstract


 

Tujuan penenlitian ini adalah untuk melakukan pemetaan potensi kecerdasan majemuk (multiple intellegences) kemudian menentukan dengan gaya belajar yang sesuai dengan tipe kecerdasannya. Proses penelitian dilakukan pada Sekolah Dasar Islam Khalifah Palu dengan objek penelitian siswa yang berada di kelas satu sebanyak dua rombel kelas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode survey dengan teknik analisis data model interaktif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh masing-masing guru wali kelas dibantu dengan partner kelas berdasarkan kebiasaan anak dalam melakukan proses belajar. Kuesioner terdiri dari 24 jenis pertanyaan dengan komposisi tiga pertanyaan setiap tipe kecerdasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki perbedaan komposisi tipe kecerdasan. Pada kelas Abu Bakar memiliki tipe kecerdasan  Naturalist(0%), Mathematihical-Logical (24%), Verbal-Linguistic (5%), Musical-Rhytmic (10%),  Visual-Spatial (14%),  Bodily-Kinesthetic (29%), Interpersonal (9%),  Intrapersonal (9%). Sedangkan pada kelas Umar memiliki kompoisisi tipe kecerdasan Naturalist(9%), Mathematihical-Logical (26%), Verbal-Linguistic (4%), Musical-Rhytmic (0%),  Visual-Spatial (31%),  Bodily-Kinesthetic (17%), Interpersonal (4%),  Intrapersonal (9%). terdapat beberapa siswa yang memiliki tipe kecerdasan dominan lebih dari satu hal ini didasarkan oleh proses survei dan hasil pengolahan data survei siswa memiliki skor atau bobot yang sama pada beberapa tipe kecerdasan.


Keywords


multiple intellegences, model interaktif, gaya belajar, siswa.

References


Candler, B. L. (2017). Multiple Intelligence Survey for Kids Please Read Before Using the Survey.

Hofur, H. (2021). Konsep Multiple Intelligences Perspektif Al-Quran/ Hadis dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 17(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v17i2.1647

Ismah, Muthmainnah, R. N., Eminita, V., & Ramadhan, A. I. (2020). Cluster analysis of students’ multiple intelligences in first grade at madrasah ibtidaiyah Al-Inayah in Indonesia. Journal of Critical Reviews, 7(13), 929–933. https://doi.org/10.31838/jcr.07.13.156

Mardiana, Rosmawati, & Asyari, A. (2014). Analisis Gaya Belajar Siswa Sd Negeri 006 Tanjung Medan. Pendidikan Bimbingan Dan Konseling FKIP Universitas Riau, 1–10.

Muhibbin, A., Fathoni, A., Arifin, Z., & Sufahani, S. F. (2019). Data analysis on multiple-intelligences as a basis of mapping and increasing independent assignment score in civic education learning based on controversial issues in mass media. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 621–626.


Refbacks