https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERFIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN CITRA PENGINDERAAN JAUH DAN PETA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 5 MODEL PALU | Haris | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERFIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN CITRA PENGINDERAAN JAUH DAN PETA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 5 MODEL PALU

Faisal Haris, Rivai Mardin, Asep Mahfudz

Abstract


Pembelajaran geografi dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kemampuan berpikir spasial peserta didik.  Artikel penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kemampuan berpikir spasial peserta didik dengan menggunakan citra penginderaan jauh dan peta pada mata pelajaran geografi di kelas X SMA Negeri 5 Model Palu.  Metode penelitian dalam artikel menggunakan teknik eksperimen yaitu 2 kelas eksperimen.Artikel hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir spasial pada kelas eksperimen 1 menggunakan media citra penginderaan jauh dengan nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 (p < 0,05) dan rata rata sebesar 32,88 dan kelas eksperimen 2 menggunakan media peta dengan nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 (p < 0,05) serta rata rata sebesar 35,55. Berdasarkan Uji Independent Sample T diperoleh taraf signifian (p = 0,009 <0,05), berarti terdapat perbedaan kemampuan berpikir spasial antara peserta didik dengan menggunakan media citra penginderaan jauh dan peta. Berdasarkan hasil perhitungan tingkat efektifitas kedua media menunjukkan kategori efektifitas sedang dan untuk kategori persentase efektifitas cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial peserta didik pada kelas X SMAN 5 Model Palu. Salah satu faktor  yang mempengaruhi kemampuan berfikir spasial peserta didik adalah tenaga pengajar. Pemahaman guru yang kurang terhadap materi penginderaan jauh dan peta menjadi hambatan guru dalam penyampaian meteri tersebut

Keywords


geografi; berpikir spasial; Citra; Peta;

Full Text:

PDF

References


Aniska, R. (2015). Pemanfaatan Citra Penginderaan Jauh dalam Pembelajaran Geografi untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Spasial Siswa Man Yogyakarya 1. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta.

.Bednarz, I. J. (2014). Dispositions Toward Teaching Spatial Thinking Through Geography: Conceptualization and an Exemplar Assessmen. Journal of.

Gerber, R. (2001). The State of Geographical Education in Countries Around the World. International Research Geographical and Environmental Education.

Hadi, B. S. (2015). Peran Kemampuan Berpikir Spasial Dalam Analisis Lingkungan Berbantuan Citra Penginderaan Jauh Multi Resolusi. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta.

Hadi, B. S. (2019). PENGINDERAAN JAUH Pengantar Ke Arah Pembelajaran Berfikir Spasial. (S. Amalia, Penyunt.) Yogyakarta: UNY Press.

Huynh, N. T., and B. Sharpe. (2009). The role of geospatial thinking in effective GIS problem solving: K–16 education levels. Geomatica.

Maharani, dkk. (2015). Peningkatan Spatial Literacy Peserta dik Menggunakan Pemanfaatan Media Peta. Jurnal Pendidikan Geografi, 46(4184 – 8037).

National Research Council. (2006). Learning to Think Spatially: GIS as a Support System in the K–12 Curriculum. Washington, DC: National Academies.

Novianti, D. (2017). Pengaruh Penggunaan Peta Dalam Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa. UNG Repository.

Nurdin, S. (2005). Guru Profesional & Implementasi Kurikulum. Quantum Teaching.

Oktavianto, D. (2017). Pengaruh Project-Based Learning dan Gaya Belajar Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial Siswa SMA. Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Putra. (2015). Eksperimental Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Sphare (TPS), Group Investigation (GI), dan Probrem based Learning (PBL) Pada Materi Pokok Bangun Ruang Ditinjau dari Kemampuan Spasial Peserta didik Kelas VII SMP Negeri se-Kota Surakarta Tahun . Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika.

Saputro, R. (2020). Kemampuan Berpikir Spasial Peserta Didik Menggunakan Peta Dan Citra Inderaja Pada Pembelajaran Geografi Di SMA N 1 Bae Kudus.

Setiawan, I. (2015). Peran Sistem Informasi Geografi (SIG) dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial (spatial thinking). Jurnal Pendidikan Geografi, 83(4187 – 8043).

Sumaatmadja, N. (2004). Metodologi Pengajaran Geografi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widiyanto, M.A. (2013). Statistika Terapan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

 

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.