https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Persepsi Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sigi | Misnah | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

Persepsi Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sigi

Misnah Misnah, Hasan Hasan, Novianti Novianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran ketersediaan media audio visual dan persepsi siswa terhadap pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 2 Sigi. Artikel hasil penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SMA Negeri 2 Sigi sudah menggunakan media audio visual dalam proses belajar mengajar mata pelajar sejarah, dan bukan hanya pada pelajaran sejarah saja, namun media audio visual sudah diterapkan di pelajaran lainnya. Pihak SMA Negeri 2 Sigi dalam penggunaan media audio visual ini telah menyediakan leptop, LCD/infokus, dan alat penunjang lainnya. Namun dibalik kelebihan dari media audio visual, ditemukan pula beberapa hambatan yang terjadi di SMA Negeri 2 Sigi dalam penggunaannya misalnya seperti pemadaman lampu listrik secara tiba-tiba dan gangguan koneksi internet. Persepsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sigi terhadap pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran sejarah sudah cukup baik, dimana banyak informan menyatakan bahwa penggunaan media audio visual saat pelajaran sejarah sudah sesuai dengan materi pembelajaran, dan kebanyakan dari mereka justru lebih menyukai proses belajar mengajar dengan media audio visual karena tidak menimbulkan kebosanan, rasa ngantuk, kejenuhan, lebih memahami isi materi, dan lain sebagainya.


Keywords


persepsi; audio visual; pembelajaran sejarah

Full Text:

PDF

References


Gulo, E. H. (2018). Penerapan Media Audio Visual Sejarah Lokal Bermuatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Handayani, M. (2020). Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Falah Jambi. Skripsi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Imam, M. (2020) Persespsi Siswa SMK Pelita Bangsa Kabupaten Bantul terkiat Pembelajaran Online Menggunakan Media Audio Visual pada masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan. Vol. 2. No. 3. Hal. 17-25. Maisyaroh, L. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Audio Misual Pada Pembelajaran Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. PROGRAM Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. Susanti, F. S. (2017). Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Wahyuni, T., Widiyatmoko, A., Akhlis, I. (2015). Efektifitas Penggunaan Media Audiovisual Pada Pembelajaran Energi dalam Sistem Kehidupan Pada Siswa SMP. Unnes Science Education Journal. 4(3). Wulandari, F. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audio-Visual Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fiqih di Masa Pandemi Covid-19 Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 7 Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Agama Islam Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.