Abstract
Permasalahan artikel hasil peneilitian ini yaitu: pertama, Bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran sejarah di kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Sirenja?, kedua, Bagaimana persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas oleh guru dalam pembelajaran Sejarah di kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Sirenja?, ketiga, Bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan sumber belajar oleh guru dalam kegiatan pembelajaran sejarah di kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Sirenja?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dijadikan dasar untuk membahas masalah penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Pembahasan artikel hasil penelitian ini mengenai yang pertama adalah: a) persepsi siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sirenja kurang efektif dikarenakan guru hanya terfokus pada satu metode yaitu metode ceramah, yang mengakibatkan siswa cenderung bosan untuk mengikuti pembelajaran. b) persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas oleh guru sejarah di SMA Negeri 1 Sirenja cukup efektif sebab guru mempersiapkan siswa sebelum memaparkan materi. c) persepsi siswa terhadap penggunaan sumber belajar oleh guru sejarah di SMA Negeri 1 Sirenja kurang efektif sebab guru hanya menggunakan dua sumber belajar yaitu buku dan internet, Karena kurangnya fasilitas yang disediakan oleh sekolah.
Keywords
persepsi; metode pembelajaran; pengelolaan kelas; sumber belajar; pembelajaran sejarah
References
Abdul Majid, M. P. (2017). Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya:Bandung.
Engkoswara. (2015). Administrasi pendidikan. Alfabeta: Bandung
Kokom, K. (2015). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama: Bandung
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya:Bandung
Mujahidin, F. (2017). Strategi Mengelolah Pembelajaran Bermutu. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Sayono, J. (2015). Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 7(1), 109–123. http://journal.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/4733
Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. (2015b).
Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta: Bandung.