https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Peredaran Darah Manusia Di Kelas V SDN 18 Sojol | Musdar | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Peredaran Darah Manusia Di Kelas V SDN 18 Sojol

Musdar Musdar, Muliyati Muliyati, Herlina Herlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada Mata Pelajaran IPA. Siswa diberikan variasi pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. Media audio visual merupakan salah satu sumber belajar yang diharapkan dapat mengatasi hambatan-hambatan yang ada dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang merupakan bagian dari penelitian tindakan. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa, yakni 41,66% pada siklus I menjadi 91,66% pada siklus II. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 18 Sojol.

Keywords


media pembelajaran; hasil belajar; audio visual

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab. 2015. Upaya Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di Mts. Miftahul Huda Jepara. http://eprints.walisongo.ac.id/4743/1/11381172.pdf

Alidawati, (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Berupa Rumah Adat Tentang Keragaman Budaya Di Indonesia Pada Pelajaran IPS Di Kelas V SD Negeri 03 Kota Mukomuko. JSSE: Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 69-84.

As’ad, 2015. Penelitian tindakan kelas : Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di Mi Islamiyah Bulusari Sayung Demak. http://eprints.walisongo. ac.id/ 4111/

Asmara, A.P. (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Pengembangan Didaktika, 15 (2), pp. 156-178.

Dian Angreiny, dkk.(2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Bontoramba; Jurnal Edumaspul, 4(1) 2020

Hayati, N., Ahmad, M. Y. and Harianto, F. (2017) Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Jurnal Al-hikmah 14(2), pp. 160–180.

Jamil, M. M. (2019). Optimalisasi Model ARCS Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Peminatan Mata Pelajaran Geografi Di Kelas Matematika Ilmu Alam. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education 1(1), 7–24.

Jannah. A.R, dkk (2020). Keefektifan Model PBL Berbantu Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku: JJPGSD, 8(3). 343-350

Mahayanti, N. W. S., & Utami, I. M. I. (2017). Pelatihan Dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Bahasa Inggris SMP Di Kecamatan Sukasada Widya Laksana. JPKM 6 (2), 145–155.

Mastuang, dkk (2020). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-guru Fisika di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(2). 61-65.

Nurdyansyah, N., & Andiek, W. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo. Nizamia Learning Center

Prihatni, R., Sumiati, A., & Sariwulan, T. (2019). Pelatihan penelitian tindakan kelas untuk guru-guru yayasan. JPMM 3(1), 112–123.

Rini Yuliarti. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pada Kelas 5 SDN 2 Genengsari Kecamatan Kemusu

Riza Umami.(2020). Penelitian Tindakan Kelas: Implementasi Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih. Jurnal Pendidikan. 4(2). 2020. 29-33.

Setyaningsih, R. (2017). Pelatihan pembuatan proposal penelitian tindakan kelas guru-guru smk muhammadiyah 3 surakarta. Journal UMMGL


Refbacks

  • There are currently no refbacks.