https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Tema Tugasku Sehari-Hari Di Rumah pada Siswa Kelas II SDN 2 Dampelas | Sidik | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Tema Tugasku Sehari-Hari Di Rumah pada Siswa Kelas II SDN 2 Dampelas

Mohamad Sidik, Yuliani Yuliani, Misnah Misnah

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana  cara untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa melalui tema tugas sehari-hari di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas II SDN 2 Dampelas, khususnya pada tema tugas sehari-hari di rumah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan   kemampuan bercerita siswa kelas 2 SDN 2 Dampelas sebelum menggunakan media gambar, secara umum berada di bawah ketuntasan belajar. Setelah diterapkan pembelajaran media gambar pada siklus I, mengalami peningkatan ketuntasan belajar sebesar 56,25%. Selanjutnya, pada siklus II, ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 87,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas II SDN 2 Dampelas.


Keywords


implementasi; pembelajaran; kemampuan bercerita

Full Text:

PDF

References


Anditasari, R, (2017). Dongeng Nusantara Sebagai Wahana Mematangkan Emosi Anak Dalam Bercerita. Jurnal Paramasastra Vol. 3, No. 2, September 2017.

Dewi Tresna, Fitria, E (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Seri Pada Anak Usia 5-7 Tahun “. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 8, No. 1, Juli 2018.

Husnawati, (2020). Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Melalui Media Gambar Seri di Kelas 1 UPT SDN 14 Lunang Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, Vol. 5, No. 2, 2020.

Lauroza Putri, S dan Hartati, (2019). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Bercerita Anak di TK Islam DAUD Kholifahtulloh Tabing Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, Vol. 6, No. 1, 2019.

Legiman, (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Kemdikbud.go.id/content/ uploads/2015/02/. Penelitian-Tindakan-Kelas-PTK-legiman.pdf

Marlina, E, dkk (2018). Kemampuan Bercerita Siswa SD Menggunakan Buku Pop Up. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 5, No. 1, 2018, 84-99.

Mulia Siswani, D dan Suwarno, (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. IX, No. 2 Maret 2016.

Muna, E.N, Degeng, I. N. S, dan Hanurawan, F, (2019). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan, Teori Penelitian dan Perkembangan, Vol. 4, No. 11, November 2019, 1557-1561.

Ngurah Tantiana, E, (2018). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita dan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di TK Maria Virgo Kabupaten Ende. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, Vol. 5, No. 1, Maret 2018.

Parjilah, (2019). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Sederhana Dengan Media Gambar Seri di Kelompok A3 TK ABA Mertosanan Banguntapal Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 8, No. 2, 2019, 158-163.

Sukidi, (2016). Peningkatan Kemampuan Bercerita Dengan Menggunakan Media Gambar Bagi Siswa Kelas VII A SMP Bhayangkari Karangpandan. Journal Indonesian Language Education And Literature, Vol 1, No. 2, 2016.

Syahmini, dkk, (2020). Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Meningkatkan Kualitas Pengajaran dan Pembelajaran di SMA Banjarmasin Kalimantan Selatan. Jurnal Terapan Abdimas, Vol. 5, No. 2, Juli 2020, 163-172.

Tasrif, (2017). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Negeri 092 Pagarantonga. Jurnal Sekolah (JS). Vol 1, No. 3, Juni 2017, 94–103.

Wahyuni Eko, T (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar Pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Demangan Kota Madiun. Jurnal CARE, Vol. 5, No. 2, Januari 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.