IMPLIKASI PENDIDIKAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI SISWA YANG BERPRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMP NEGERI 2 BANAWA TENGAH
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Implikasi pendidikan orang tua dalam memotivasi siswa yang berprestasi pada mata pelajaran sejarah di SMP Negeri 2 banawa tengah. Dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implikasi pendidikan orang tua dalam memotivasi siswa berprestasi belajar pada mata pelajaran sejarah di SMP Negeri 2 Banawa Tengah. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe pendekatan deskriptif . Sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi , wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan diwilayah Desa Lumbu Dolo Kecamatan Banawa Tengah Kabupaten Donggala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua siswa di SMP Negeri 2 Banawa Tengah telah berupaya semaksimal mungkin untuk menanamkan pendidikan dalam diri anak – anak mereka dan memberikan dorongan belajar dengan cara memberikan semangat terhadap anak akan pentingnya suatu pendidikan untuk masa depan mereka, selalu berupaya memberikan motivasi dengan cara membimbing dan mengawasi aktivitas anak agar anak bisa membagi waktu antara aktivitas bermain dan belajar sehingga tidak mengabaikan tugas belajarnya. Orang tua sendiri selalu mengontrol proses belajar anak untuk memastikan apakah anaknya sungguh – sungguh dan menerima sajian metari pelajaran khususnya pelajaran sejarah, yang dimana masih kurangnya minat anak untuk belajar pelajaran sejarah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustinus, R. 2017. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMK Negeri Depok Yogyakarta Tahun Ajaran 2015-2016. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta.
Hermus Hero. 2018. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar 129-139.
Lexy, J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017)
Mokhammad, W. 2018. “Pengaruh Intensitas Bimbingan Orang Tua Dan Sarana Prasarana Terhadap Motivasi Belajar Siswa Serta Implikasinya Pada Prestasi Belajar Siswa (Survei Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Smk Ulil Albab Depok Kabupaten Cirebon)”. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi 2549-2284 Volume II Nomor 2.
Purwanto, 2015. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar, Surakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.