KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLAH PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA KARUNA DIPA PALU
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Karuna Dipa ? Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode kualitatifb dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan : observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sejarah adalah : pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah cukup baik bahkan dalam proses pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Siswa dituntut aktif dalam proses pembelajaran sedangkan guru mengawasi dan membimbing atau yang biasa disebut sebagai fasilitator. Terdapat beberapa kendala dalam pembelajaran yakni pengelolaan waktu dan sarana pembelajaran yang kurang memadai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Rusman, (2013), Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta, Rajawali Pers
Rusman. (2013). Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Supriadi Didi dan Darmawan Deni. (2012).Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryosubroto,(1983).proses belajar mengajar.Jakarta.PT.Rineka Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.