PENERAPAN EVALUASI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 RIO PAKAVA
Abstract
Muliani, 2020. Penerapan Evaluasi Pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Rio Pakava. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu PengetahuanSosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,UniversitasTadulako, Pembimbing Dr. Suyuti M.Pd
Artikel hasil penelitian ini dibuat dengan permasalahan bagaimana proses evaluasi yang diterapkan oleh Guru mata pelajaran sejarah di SMAN 1 Rio Pakava dan Bagaimana pandangan siswa terhadap pelaksanaan evaluasi yang diterapkan oleh Guru sejarah di SMAN 1 Rio Pakava. Tujuan dari artikel ini menguraikan proses penerapan evaluasi pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Rio Pakava artikel hasil ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru sejarah dan siswa kelas X IPA 3. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, observasi dan angket. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan pada mata pelajaran sejarah SMA Negeri 1 Rio Pakava dalam mengetahui tingkat pencapaian kompetensi, guru dapat melakukan penilaian tes lisan, pilihan ganda dan uraian, isian singkat, menjodohkan. Evaluasi yang dominan diterapkan ada dua yaitu: pilihan ganda dan esaay tes. Sedangkan bentuk evaluasi berupa isian singkat menjodohkan digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi hasil belajar siswa. Ulangan semester pada umumnya digunakan evaluasi pilihan ganda dan essay tes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiarti Rini (2011). Kemampuan Mahasiswa Prodi Fisika dalam Mengembangkan Tes Essay Materi Pembelajaraj Fisika Sekolah Menengah. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/fisika/articel/view/1844 Ena Suhena Praja. (2017). Meningkatkan kemampuan dosen dalam mengevaluasi hasil belajar mahasiswa. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Euclid/articel/view/323 Hazraini (2017). Upaya meningkatkan kompetensi guru kelas dalam penyusunan soal pilihan ganda yang baik dan benar melalui pendampingn melalui berbasis KKG semster satu tahun pelajaran 2011/2018 di SD Negeri 40 cakranegara. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/articel/view/209 Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. pustaka setia. Nana, S. (2001). Metode statistika. Tarsito. Yusutria. (2017). Propesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.