https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM MENANAMKAN MOTIVASI NILAI RELIGIUS DAN NASIONALISME SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALU | Kapile | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM MENANAMKAN MOTIVASI NILAI RELIGIUS DAN NASIONALISME SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALU

Charles Kapile, Nur Hidayah

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Upaya Guru Sejarah dalam Menanamkan Motivasi Nilai Religius Dan Nasionalisme Siswa dalam Pembelajaran Sejarah  Melalui Media Gambar di SMK Muhammadiyah 1 Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana motivasi guru sejarah dalam menanamkan nilai religius, nasionalisme siswa dalam pembelajaran sejarah melalui media gambar  di SMK Muhammadiyah 1 Palu dengan menggunakan Metode penelitian kualitatif. Tahap analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data kemudian disimpulkan dan di interpretasikan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SMK Muhammadiyah 1 Palu mengenai penanaman nilai religius dan nasionalisme pada siswa. melalui observasi peneliti secara langsung mengamati guru sejarah dalam kegiatan proses pembelajaran di kelas. Hasil pengamatan diketahui bahwa guru telah cukup baik dalam menanamkan nilai religius dan nasionalisme pada siswa dengan cara menanamkan nilai-nilai dari dalam dan luar kelas, dari dalam contohnya seperti membaca do’a sebelum belajar, kemudian menyanyikan lagu mars muhipa, lagu-lagu nasional, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian, menggunakan media gambar dalam pembelajaran, berani mengemukakan pendapat dan meneladani sikap para pahlawan. Dari luar yaitu melalui pelaksanaan kegiatan pembiasaan seperti upacara bendera, bersalaman dengan guru, membersihkan lingkungan sekolah. guru juga mendorong siswa agar ikut dalam kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler sekolah seperti tapak suci dan kegiatan lain yang bersifat positif.


Keywords


Implementasi Media Gambar; Pembelajaran Sejarah; Motivasi Nilai Religius; Nasionalisme.

Full Text:

PDF PDF

References


Aziz, Maulana Abdul (2015). Peran Agama Dalam Kehidupan Manusia. [Online]. Tersedia: Http://maulanaabdulaziz.blogspot.com/2015/12/peran-agama-dalam-kehidupan-manusia.html [06 April 2019] Dian Angriani. 2019. Meningkatkan nilai-nilai ajaran agama terhadap siswa. Skripsi Strata-1 pada FKIP Untad Palu. Tidak Dipublikasikan. Hamid, Rahman Abd. (2015). Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak. Kartono, Sartodirdjo. 2014. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak Kohn, Hans. Nasionalisme Arti dan Sejarahnya. Jakarta: Erlangga. Leo Agung. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak Laksono W.B.J (2013) Kebijakan penanaman nilai-nilai Nasionalisme pada siswa di SMA Negeri 1 Ambarawa”. Kebijakan Karakter. FIS. UNESA, 3, (7) 2013, 77-79 Made wena. 2015. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta. PT Bumi Aksara Malla, H. A. B., Herlina, H., & Misnah, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Filsafat Pendidikan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 218–233. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/8926 Misnah. (2015). Jurnal Teknologi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 42–55. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3329 Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeth:Bandung. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kaualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono, (2018). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.