https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH PADA SISWA SMA NEGERI 5 PALU | Hertina | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH PADA SISWA SMA NEGERI 5 PALU

Tina Hertina, Suyuti Suyuti

Abstract


Permasalahan artikel hasil penelitian ini yaitu : (1) Apakah ada pengaruh antara kinerja guru terhadap motivasi belajar sejarah pada siswa SMA negeri 5 Palu? Tujuan artikel ini yaitu menganalisis pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar sejarah pada siswa SMA negeri 5 Palu. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 84 siswa dari 841 populasi siswa SMA negeri 5 Palu. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui, penyebaran angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis nilai  dengan signifikan untuk kesalahan 5% (α= 0,05) dan (dk= n-2), yakni dk= 84-2= 82, dengan uji data dua pihak adalah 1,664. Sedangkan nilai atau 7,786 > 1,664. Kesimpulannya adalah variabel antara kinerja guru terhadap motivasi belajar sejarah pada siswa SMA negeri 5 Palu sebesar 7,786 artinya dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kinerja guru (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) sehingga hipotesa alternatif (Ha) penelitian ini dapat diterima.
 

 

 

 


Keywords


kinerja guru; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Anastasia Dewi. 2017. “Pengaruh Persepsi Atas Kemampuan Manajerial Kepala Terhadap Kinerja Guru.” 4(3):251–64.

Jejen, Mustafa. 2015. Manajemen Pendidikan Teori Kebijakan Dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Meilani, Rini Intansari. 2017. “Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa ( The Impacts of Students ’ Learning Interest and Motivation on Their Learning Outcomes ).” 1(1):79–92.

Prabu, A. A. Anwar and Mela Puspitasari. 2015. “Kecerdasan Emosi Guru, Stres Kerja, Dan Kinerja Guru Sma.Journal Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Yogyakarta 45(2):146.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Triwiyanto Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyani, Mohammad Irham dan Novan Ardi. 2016. Psikologi Pendidikan Dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Ar-ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.