Tipologi Pemikiran Pendidikan Indonesia:Telaah Historis-Filosofis Pendidikan K. H. Ahmad Dahlan dan K. H. Hasyim Asy’ari
Abstract
Kajian ini menelaah pemikiran dua tokoh pendidikan di Indonesia; KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asyari, menggunakan analisis kualitatif dengan paradigma historis filosofis. Tulisan ini menghasilkan temuan; (1) KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asyari telah berhasil meletakkan dasar pendidikan di Indonesia berbasis keislamaan yang tetap sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman (al-muhafazhah alal qadim as-Shalih wal akhdu al-jadid al-aslah). (2) Pemikiran pendidikan kedua tokoh ini berhasil mewarnai dan menentukan arah dan tipologi pendidikan di Indonesia yang bercorak tradisionalis-konservatif, reformis-modernis, radikal-puritan, dan nasionalis-sekuler sebagai kontribusi pemikaran bagi pendidikan di Indonesia.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.