https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Tipologi Pemikiran Pendidikan Indonesia:Telaah Historis-Filosofis Pendidikan K. H. Ahmad Dahlan dan K. H. Hasyim Asy’ari | Malla | Nosarara: Jurnal Pendidikan dan ilmu Sosial

Tipologi Pemikiran Pendidikan Indonesia:Telaah Historis-Filosofis Pendidikan K. H. Ahmad Dahlan dan K. H. Hasyim Asy’ari

Hamlan Andi Baso Malla, Andi Markarma, Herlina Herlina, Misnah Misnah

Abstract


Kajian ini menelaah pemikiran dua tokoh pendidikan di Indonesia; KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asyari, menggunakan analisis kualitatif dengan paradigma historis filosofis. Tulisan ini menghasilkan temuan; (1) KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asyari telah berhasil meletakkan dasar pendidikan di Indonesia berbasis keislamaan yang tetap sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman (al-muhafazhah alal qadim as-Shalih wal akhdu al-jadid al-aslah). (2) Pemikiran pendidikan kedua tokoh ini berhasil mewarnai dan menentukan arah dan tipologi pendidikan di Indonesia yang bercorak tradisionalis-konservatif, reformis-modernis, radikal-puritan, dan nasionalis-sekuler sebagai kontribusi pemikaran bagi pendidikan di Indonesia.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.