https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PELATIHAN BAHAN AJAR DIGITAL DI SMKN 2 PALU MENGGUNAKAN SOFTWARE ICE CREAM RECORDER UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI | Ngemba | Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat

PELATIHAN BAHAN AJAR DIGITAL DI SMKN 2 PALU MENGGUNAKAN SOFTWARE ICE CREAM RECORDER UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI

Hajra Rasmita Ngemba, Rahmah Laila, Tutang Muhtar Kamaludin, Mohammad Aristo Indrajaya, Alamsyah Zakaria

Abstract


Pelatihan bahan ajar digital untuk guru Di SMKN 2 Palu menggunakan software ice cream recorder untuk meningkatkan pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Bertujuan meningkatkan kompetensi kepada guru dalam hal menangani pembelajaran selama masa Pandemi Covid-19. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMKN 2 Palu menjadikan guru sebagai subjek kegiatan, terutama sebagai pihak yang mendapatkan pelatihan. Tujuan kegiatan pelatihan ini dapat memberikan dampak signifikan bagi kemajuan proses pembelajaran yang harus belajar di rumah secara online sebagai akibat merebaknya Pandemi Covid-19 yang tidak diketahui kapan akan berakhir. Dengan meningkatnya kompetensi guru dalam mengajar menggunakan teknologi, diharapkan mutu pembelajaran siswa di SMKN 2 Palu tetap berkualitas sebagaiman diharapkan. Kegiatan ini mulai dari awal persiapannya, penyelenggaraan, hingga pelaporan akan berlangsung selama kurang lebih 8 (delapan) bulan. Kegiatan ini dilaksanakaan oleh tim pengabdi dari Fakultas Teknik Palu sebanyak 4 (dua) orang, dan 3 (Tiga) orang mahasiswa.


Keywords


Bahan Ajar, Digital, Ice Cream Recorder

Full Text:

PDF

References


Agustino, L. (2020). Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19: Pengalaman Indonesia.

Jurnal Borneo Administrator, 16(2), 253–270. https://doi.org/10.24258/jba.v16i2.685

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13–25. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.

al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Capano, G., Howlett, M., Jarvis, D. S. L., Ramesh, M., & Goyal, N. (2020). Mobilizing Policy (In)Capacity to Fight COVID-19: Understanding Variations in State Responses. Policy and Society, 39(3), 285–308. https://doi.org/10.1080/14494035.2020.1787628

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M.

A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., Sahabuddin, A. A., Hastuti, P., Setianto, A. Y., Metanfanuan, T., Uktolseja, L. J., Jamaludin, J., Gaspersz, S., Karwanto, K., Bungin, E. R., & Warella, S. Y. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Pai Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 12–24. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.579

Kumala, R. D. M. (2020). Legal Analysis of Government Policy on Large Scale Social Restrictions in Handling Covid-19. The Indonesian Journal of International Clinical Legal Education, 2(2), 181–200. https://doi.org/10.15294/ijicle.v2i2.38326

Miftakhi, D. R., & Ardiansah, F. (2020). Peranan Orang Tua Siswa dalam Melaksanakan Pendampingan Pembelajaran dari Rumah Secara Online. JOEAI:Journal of Education and Instruction, 3(2), 151–158. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1726

Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19. (2020). Jurnal

Golden Age, 4(01). https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2244

Purwanto, A. (2020). Studi Eksplorasi Dampak Work From Home ( WFH ) Terhadap Kinerja Guru Selama Pandemi Covid-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92–100.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Putri, R. S., & Santoso, priyono B. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Ulfayati, Z. A. (2020).

Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru dan Siswa). JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.5

Tuwu, D. (2020). Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19. Journal

Publicuho, 3(2), 267–278. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i2.12535


Refbacks

  • There are currently no refbacks.